Monday, December 16, 2013

Manfaat Jinten Hitam

Jintan hitam ( nigella sativa ) atau jinten hitam atau habbatussauda yaitu tanaman obat yang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. tanaman ini dikenal datang dari tempat timur sedang. yang digunakan dari tanaman ini yaitu bijinya. berikut sebagian faedah jintan hitam untuk kesehatan.
1. Antioksidan
jintan hitam memiliki kandungan senyawa thymoquinone yang mempunyai karakter antioksidan yang mencegah rusaknya sel akibat radikal bebas.
2 Anti radang
senyawa thymoquinone mempunyai karakter anti-inflamasi ( anti-peradangan ) hingga efisien dipakai sebagai obat beri untuk menyembuhkan jerawat yang meradang serta menghaluskan kulit.
3. Menyembuhkan masalah pencernaan
jintan hitam memiliki kandungan senyawa anti bakteri yang efisien membunuh bakteri kolera, e. coli serta shigella spp. jintan hitam efisien dipakai untuk menyembuhkan masalah sistem pencernaan yang dikarenakan oleh infeksi bakteri serta sebab-sebab lain yang non-spesifik dengan tanda-tanda perut mulas, diare serta muntah-muntah.
4. Melawan kanker
jintan hitam memiliki kandungan asam lemak yang bisa menghalangi perkembangan kanker. jintan hitam memiliki kandungan bahan yang merangsang produktivitas sumsum tulang serta imunitas dan produksi interferon, membuat perlindungan beberapa sel normal melawan virus perusak sel serta melawan beberapa sel tumor tanpa mengakibatkan kerusakan beberapa sel sehat.
5. Memperkuat imunitas tubuh
jintan hitam memiliki kandungan zat yang bisa menambah jumlah beberapa sel t yang baik untuk menambah beberapa sel pembunuh alami. ekstrak jintan hitam bermanfaat menambah sistem kekebalan tubuh serta bisa dipakai sebagai bioregulator.
6. Menambah memori serta konsentrasi
jintan hitam memiliki kandungan asam linoleat ( omega 6 ) serta asam linolenat ( omega 3 ) yang disebut nutrisi untuk beberapa sel otak yang bermanfaat menambah daya ingat serta kecerdasan.
7. Menambah bioaktivitas hormon
hormon merupakan zat aktif yang diproduksi oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah. jintan hitam memiliki kandungan sterol yang bertindak aktif dalam sintesis serta bioaktivitas hormon.
8. Menetralkan toksin
jintan hitam memiliki kandungan bahan kimia yang dimaksud saponin yang mempunyai kekuatan menentralkan toksin dalam tubuh serta menolong buang toksin tersebut dari dalam tubuh.
9. Menangani sulit tidur serta stress
senyawa sponin yang ada dalam jintan hitam memiliki manfaat layaknya kortikosteroid yang dapat merubah metabolisma karbohidrat, protein serta lemak dan merubah manfaat jantung, ginjal, otot serta syaraf. saponin berperan menjaga diri dari pergantian lingkungan, masalah tidur serta bisa menghilangkan stress.
10. Anti alergi
histamin yaitu zat yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh sebagai reaksi alergi. crystalline nigellone yang ada dalam jintan hitam memiliki kandungan protein kinase c, zat yang dikenal menghalangi pelepasan histamin. mengkonsumsi jintan hitam dapat kurangi reaksi alergi pada pasien asma, bronchitis, serta penyakit alergi yang lain tanpa dampak samping.
11. Melindungi kesehatan ibu hamil serta bayi dalam kandungan
kandungan omega 3, omega 6, serta omega 9 yang ada dalam jintan hitam dikenal sebagai nutrisi penting untuk ibu hamil serta melindungi perkembangan bayi dalam kandungan.
12. Suplemen nutrisi
jintan hitam memiliki kandungan 15 jenis asam amino terhitung 9 type asam amino esensial. asam amino esensial tidak bisa diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup hingga bisa dipenuhi dari suplemen layaknya jintan hitam. jintan hitam juga memiliki kandungan kalsium, potassium, zat besi, arginine, magnesium, selenium, vit. a, b1, b2, b6, c, e serta niacin.

0 comments:

Post a Comment